Baju Batik Di Sampang



Baju Batik Hari  ini 2 Oktober  adalah hari Batik Nasional, Penetapan Hari Batik memiliki gaungnya setelah Malaysia secara sepihak mengakui Batik adalah hak kekayaan Intelektual bangsa Malaysia. Apa yang dilakukan Malaysia adalah bukan tindakan budaya, tapi tindakan ekonomi yaitu : Memperoleh hak pengakuan Kapital atas batik sehingga batik akan memiliki daya hidup industrinya mulai dari produk massal sampai dengan produk high-end.

Baju Batik yang dikembangkan di Laweyan tak lepas dari perkembangan batik Majapahit yang dibangun oleh Adipati Kalang pada masa pemerintahan Majapahit. Adipati Kalang saat itu menguasai industri batik di wilayah Mojokerto dan menolak tunduk pada Majapahit lantas diserang lalu dihancurkan oleh Majapahit, beberapa ahli seni batiknya dibawa ke Keraton Majapahit dan kemudian mengajarkan Baju Batik kepada kawula Majapahit sehingga dijadikan seni rahasia Istana.



Kehancuran industri Baju Batik justru terjadi pada masa pemerintahan Suharto yang tidak lagi melihat batik sebagai kekuatan industri nasional. Suharto mencabut momopoli khusus peredaran batik oleh GKBI dan konsesi-konsesi lainnya serta meliberalisasi impor tekstil yang membuat batik terpuruk oleh jenis pakaian lain yang lebih murah. Puncaknya adalah tahun  1985 batik menjadi hancur setelah GKBI terjerat hutang ke banyak pihak. Baju Batik


Title Post: Baju Batik Di Sampang
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: telo nesia

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar



Share your views...

0 Respones to "Baju Batik Di Sampang"

Post a Comment

 

© 2012 Pompa Ban